@phdthesis{digilib56391, month = {October}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEARNING LOSS DI KELAS IV SD NEGERI DEMANGAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104080017 Nurul Hidayah}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd}, keywords = {learning loss; upaya guru; peserta didik; sistem pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56391/}, abstract = {Penutupan sekolah akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan perubahan pada proses pembelajaran. Terlalu lama menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) meninggalkan berbagai permasalahan salah satunya yaitu learning loss. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan, (2) bagaimana upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan. Tujuannya yaitu: (1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan, (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan mengadakan teknik, teori dan sumber. Hasil penelitian dari faktor-faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan adalah: (1) Terdapat indikasi learning loss ditandai dengan terjadinya penurunan keterampilan literasi dan numerasi, penurunan nilai ujian, hilangnya keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya, kemunduran akademik. Adapun faktor yang mempengaruhi learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan yaitu a) Sarana prasarana yang kurang memadai, b) Kurangnya motivasi belajar yang kuat, c) Waktu pembelajaran yang terlalu singkat dan tidak optimal, d) Kurangnya wawasan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran. (2) Upaya sekolah dalam penanggulangan learning loss di kelas IV SD Negeri Demangan yaitu: a) Tenaga Pendidik melakukan analisis terjadinya kesenjangan belajar dan merumuskan capaian pembelajaran, b) Tenaga Pendidik mengoptimalkan proses pembelajaran dan fasilitas pendukung, c) Tenaga pendidik membangun integrasi dan komitmen dengan orang tua dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.} }