%0 Thesis %9 Skripsi %A Della Alvionita Santoso, NIM.: 18104080027 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2022 %F digilib:56394 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K hasil belajar; matematika; motivasi belajar; bimbingan belajar %P 134 %T KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56394/ %X Upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar, sedangkan faktor eksternal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya yaitu bimbingan belajar. Semakin tepat motivasi belajar yang diberikan atau ditanamkan kepada siswa, maka hal tersebut dapat menentukan intensitas usaha belajar bagi siswa. Dan dengan siswa mengikuti bimbingan belajar, maka siswa akan terbantu untuk memecahkan berbagai macam masalah mengenai tugas atau materi yang diberikan dari sekolah, dan siswa mampu melakukan perbaikan dalam berbagai hal dengan semaksimal mungkin. Pada dasarnya bimbingan belajar merupakan solusi orang tua siswa untuk meningkatkan hasil belajar putra dan putrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga variabel diantaranya adalah hasil belajar matematika siswa, motivasi belajar, dan bimbingan belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gondang 1 dan SD Muhammadiyah Plus Gondang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika siswa, dan wawancara wali kelas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji Chi Square dan Uji T untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji Chi Square menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Sedangkan berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan bahwa nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signidikan dari hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. %Z Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.