%A NIM.: 18104080027 Della Alvionita Santoso
%O Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
%T KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR
%X Upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibagi menjadi dua faktor, yaitu
faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar, sedangkan faktor eksternal
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya yaitu bimbingan belajar.
Semakin tepat motivasi belajar yang diberikan atau ditanamkan kepada siswa, maka
hal tersebut dapat menentukan intensitas usaha belajar bagi siswa. Dan dengan siswa
mengikuti bimbingan belajar, maka siswa akan terbantu untuk memecahkan berbagai
macam masalah mengenai tugas atau materi yang diberikan dari sekolah, dan siswa
mampu melakukan perbaikan dalam berbagai hal dengan semaksimal mungkin. Pada
dasarnya bimbingan belajar merupakan solusi orang tua siswa untuk meningkatkan
hasil belajar putra dan putrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan
belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif komparasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga
variabel diantaranya adalah hasil belajar matematika siswa, motivasi belajar, dan
bimbingan belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas
V SD Negeri Gondang 1 dan SD Muhammadiyah Plus Gondang. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar
matematika siswa, dan wawancara wali kelas. Uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis Uji Chi Square dan Uji T untuk mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan motivasi belajar dan
bimbingan belajar.
Hasil analisis hipotesis menggunakan uji Chi Square menunjukkan bahwa nilai
Asymp. Sig < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak,
yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa
kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Sedangkan berdasarkan
hasil analisis hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan bahwa nilai Sig < 0,05 yaitu
0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak, yang artinya terdapat
perbedaan yang signidikan dari hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan
motivasi belajar dan bimbingan belajar.
%K hasil belajar; matematika; motivasi belajar; bimbingan belajar
%D 2022
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib56394