eprintid: 56435
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 12243
dir: disk0/00/05/64/35
datestamp: 2023-02-20 02:03:23
lastmod: 2023-02-20 02:03:23
status_changed: 2023-02-20 02:03:23
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id
creators_name: Hadiyatun Nadhiroh, NIM.: 18104080048
title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO
ispublished: pub
subjects: met_pemb
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: metode pembelajaran; mind mapping; siswa; IPS.
note: Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.
abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, dan cakupan materi IPS yang banyak dan luas namun tidak sebanding dengan alokasi waktu yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana kondisi awal sebelum menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso, (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso, (3) bagaimana peningkatan pemahaman siswa terhadap materi IPS setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso yang berjumlah 15 siswa dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data tes yaitu tentang hasil tes tulis yang diperoleh siswa di setiap akhir siklus dan analisis data observasi mengenai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pemahaman siswa dikatakan meningkat apabila 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik hasil tesnya telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPS di kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata hasil tes tulis peserta didik. Diperoleh hasil uji paired sample t-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana menunjukkan 0,000 < 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada perbedaan rata-rata hasil tes siswa antara pra siklus dengan siklus II. Pada tahap pra siklus, ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 33% dengan nilai rata-rata kelas 60,33. Setelah dilakukan tindakan siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 64% dengan nilai rata-rata kelas 74,28. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu ketuntasan klasikal menjadi 87% dengan nilai rata-rata kelas 82,2. Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II dinyatakan telah melampaui kriteria ketuntasan minimum yang sudah ditetapkan yaitu 75%.
date: 2022-12-13
date_type: published
pages: 173
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Hadiyatun Nadhiroh, NIM.: 18104080048  (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KERTODESO.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56435/1/18104080048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56435/2/18104080048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf