eprintid: 56437 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/64/37 datestamp: 2023-02-20 02:51:59 lastmod: 2023-02-20 02:51:59 status_changed: 2023-02-20 02:51:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Anggiana Dewi Nur Azizah, NIM: 18104080052 title: PENGEMBANGAN E-MODUL SUPERTOBSEL PADA MATERI IPA PERUBAHAN SIFAT DAN WUJUD BENDA UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: e-Modul; self regulated learning; pembelajaran IPA; model pengembangan note: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I abstract: Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) apakah e-modul SUPERTOBSEL pada materi ipa peubahan sifat dan wujud benda untuk menumbuhkan pemahaman siswa di madrasah ibtidaiyah layak menurut validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media? 2) apakah e-modul SUPERTOBSEL pada materi ipa perubahan sifat dan wujud benda untuk menumbuhkan pemahaman siswa di madrasah ibtidaiyah layak meurut respon calon pengguna? Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan e-modul SUPERTOBSEL pada materi ipa perubahan sifat dan wujud benda untuk menumbuhkan pemahaman siswa di madrasah ibtidaiyah menurut ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul SUPERTOBSEL pada materi ipa perubahan sifat dan wujud benda untuk menumbuhkan pemahaman siswa di madrasah ibtidaiyah menurut respon calon pengguna Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah RnD (Research and Develepment) penelitian pengembangan yang mengadopsi model penelitian Thiagarajan yaitu 4D terdapat 4 langkah pengembangan. Pengembangan e-modul ini melalui beberapa tahapan, yaitu: define, design, development, dissemination. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengetahui penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, dan dalam bentuk checklis untuk mengetahui respon walimurid terhadap e-modul. Uji coba dilakukan kepada sejumlah 42 wali murid dari peserta didik kelas V. data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori sehingga diketahui kelayakan e-modul tersebut. Hasil penelitian pengembangan e-modul materi perubahan sifat dan wujud benda pada pembelajaran IPA, berdasarkan hasul penilaian oleh ahli materi memperoleh rata-rata 4,25 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Penilaian ahli media memperoleh rata-rata, 4,11 dengan kategori “Sangat Baik” dan penilaian dari ahli bahasa memperoleh rat-rata 4,00 dengan kategori “Baik”. Respon wali murid terhadap e-modul pendamping khusus untuk orang tua berbasis self regulated learning pada pembelajarana IPA memperoleh presentase skor mencapai 90,2 % dan termasuk dalam kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul Pendamping Khusus Untuk Orang Tua Berbasis Self Regulated Learning Pada Pembelajaran IPA Kelas V MI yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan. date: 2022-12-12 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anggiana Dewi Nur Azizah, NIM: 18104080052 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL SUPERTOBSEL PADA MATERI IPA PERUBAHAN SIFAT DAN WUJUD BENDA UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56437/1/18104080052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56437/2/18104080052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf