TY - THES N1 - Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si, M. Pd. ID - digilib56447 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56447/ A1 - Laila Kartika, NIM.: 18104080054 Y1 - 2022/12/13/ N2 - Penelitian ini di latarbelakangi pada saat masa pandemi covid-19 yang megharuskan siswa untuk belajar di rumah dan saat sudah memasuki masa new normal dilakukan pembelajaran Blended Learning yakni pembelajaran online dan offline di MI Sultan Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Mengetahui bagaiamana penerapan model pembelajaran Blended Learning. 2.) Mengetahui kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam menerapkan model Blended Learning untuk mencapai tujuan pembelajaran tematik kelas V di masa new normal. 3.) Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tematik di kelas V pada penggunaan model blended learning di masa new normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas V, dan 7 siswa kelas V MI Sultan Agung. Untuk pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Dalam analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Dalam menerapkan blended learning tersebut tiga tahapan dalam Blended Learning sudah berjalan dengan baik, siswa dan guru saling kooperatif dan guru dapat mengajak siswa dalam aktif dalam pembelajaran pembelajaran online yang dilakukan di MI Sultan Agung yaitu dengan tugas yang diberikan guru lalu dikerjakan dengan media berbasis online, guru juga menyiapkan LKPD untuk siswa. Saat menerangkan materi guru menjelaskan secara offline/ tatap muka. 2.) Kendala pembelajaran adalah beberapa faktor yang menghambat pembelajaran baik dari faktor guru, peserta didik, keluarga, dan fasilitas. Kendala yang dihadapi adalah pengiriman tugas yang terlambat, koneksi jaringan, dan gawai yang masih jadi satu dengan orangtua. 3.) Pembelajaran Tematik ini dikembangakan utamanya mencapai tujuan pembelajaran. sikap positif kebiasaan dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan. Dalam aspek untuk mencapai tujuan pembelajaran ada tiga yakni: Pertama, pengetahuan, guru mengambil nilai dari aspek ini dengan Penilaian Harian dan ujian, kedua, aspek keterampilan, aspek ini diambil dari keterampilan dalam mengolah kata, membuat kerajinan, banyak diambil dari penilaian SBdP, ketiga, aspek sikap, aspek ini diambil dari sikap siswa saat berada di kelas dan di lingkungan sekolah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran tematik; blended learning; tujuan pembelajaran M1 - skripsi TI - PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI SULTAN AGUNG PADA MASA NEW NORMAL AV - restricted EP - 158 ER -