TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd. ID - digilib56451 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56451/ A1 - Noviana Maslukhah, NIM.: 18104080080 Y1 - 2022/09/15/ N2 - Penggunaan media pembelajaran teka-teki silang dalam pembelajaran bukanlah sekedar upaya untuk membantu guru, namun juga mempermudah peserta didik dalam proses belajar. Karena dengan menggunakan media teka-teki silang peserta didik lebih terfokus dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tujuan penelitian ini yakni untuk membuktikan perbedaan hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dan untuk mengetahui efektif atau tidaknya media pembelajaran teka-teki silang pada hasil belajar IPS siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain pre-eksperimen yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol yaitu seluruh peserta didik kelas IV C MIN 1 Yogyakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Adapun bentuk pre-eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Tes ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data yang sudah di dapat di uji terlebih dahulu menggunakan uji pra syarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil yang cukup efektif. Terbukti dengan hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 maka Ho diterima. Artinya adanya perbedaan nilai yang didapatkan sebelum dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran teka-teki silang. Artinya penggunaan media pembelajaran teka-teki silang cukup efektif digunakan pada kelas IV MIN 1 Yogyakarta. dan dikuatkan dengan hasil N-Gain yang menunjukkan presentase sebesar 69,75% (cukup efektif), hal tersebut menandakan bahwa media teka-teki silang dapat digunakan dan cukup efektif untuk pembelajaran pada kelas IVC MIN 1 Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - IPS; media pembelajaran; teka-teki silang; efektivitas pembelajaran; hasil belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 186 ER -