@phdthesis{digilib56452, month = {September}, title = {PERAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN NGRANDULOR JOMBANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104090016 Wildani Ridlo}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag}, keywords = {kepala sekolah; kepemimpinan visioner; mutu pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56452/}, abstract = {Terciptanya mutu yang baik didukung oleh kualitas sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang baik pula. Adanya keterbengkalaian Sumber Daya Manusia dan kelengkapan sarana prasarana di SDN Ngrandulor Jombang menyebabkan mutu pendidikan menjadi kurang optimal. Faktor utama terciptanya mutu pendidikan yang berkualitas berawal dari peran seorang kepala sekolah. Kepala sekolah SDN Ngrandulor dalam kepemimpinannya menerapkan gaya kepemimpinan visioner sebagai upaya mewujudkan mutu yang baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, serta mempertimbangkan aspek pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan gaya kepemimpinan visioner, peran kepemimpinan visioner dan dampak perubahan peningkatan mutu pendidikan dengan menerapkan gaya kepemimpinan visioner di SDN Ngrandulor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan 9 orang informan dalam proses pengumpulan data. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) Penerapan gaya kepemimpinan visioner oleh kepala sekolah SDN Ngrandulor merupakan gaya kepemimpinan yang efektif karena hanya terfokus terhadap visi lembaga pendidikan yang bersangkutan dan mutu pendidikan yang diberikan. (2) Peran kepemimpinan visioner sekaligus strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ngrandulor direalisasikan dalam bentuk program pengembangan potensi peserta didik, pengembangan profesionalisme guru, pembinaan pendidikan karakter, dan perbaikan sarana dan prasarana sebagai fasilitas pendidikan. (3) Dampak perubahan peningkatan mutu pendidikan dengan diterapkannya gaya kepemimpinan visioner dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik, prestasi peserta didik dan sekolah, penerapan program pembelajaran yang kondusif, pengadaan sarana dan prasarana, bimbingan dan pengarahan serta evaluasi bagi pendidik yang dilaksanakan secara berkelanjutan.} }