eprintid: 56455 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/64/55 datestamp: 2023-02-20 04:20:09 lastmod: 2023-02-20 04:20:09 status_changed: 2023-02-20 04:20:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arti Aulia Almauna, NIM.: 18104090038 title: TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN ispublished: pub subjects: kepala subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: peserta didik; kepemimpinan perempuan; madrasah; kompetensi tenaga pendidik note: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin M.S.I abstract: Kepemimpinan perempuan dewasa ini telah banyak direalisasikan oleh para perempuan hebat yang memiliki kompetensi untuk memimpin, begitupun dalam dunia pendidikan, perempuan telah banyak berkedudukan sebagai kepala lembaga pendidikan walaupun masih dalam jumlah yang belum sepadan dengan jumlah pemimpin laki-laki, yang dipengaruhi oleh minimnya kepercayaan kepada kompetensi perempuan untuk memimpin. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui kepemimpinan perempuan yang ada di MTs Quraniah Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tipe kepemimpinan khas perempuan yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu yang ada di MTs Qur’niah Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan sebagai teknik keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan perempuan kepala madrasah adalah dominan feminim-transformasional yang (a) Berorientasi tim, meliputi sikap kooperatif, kolaboratif, partisipatif dan melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, (b) Karismatik/berbasis nilai meliputi sikap ramah, akrab dan kekeluargaan, (c) Motivatif dan Supportif terhadap perkembangan kompetensi anggota madrasah, (e) Bertanggungjawab, (f) Mengesampingkan kepentingan pribadi, (g) dan menerapkan sikap edukatif, korektif dalam penyelesaian masalah dengan mengedepankan empati dan intuisi. Dengan penerapan pola kepimimpinan feminim-transformasional dalam kepemimpinan kepala madrasah, telah ada peningkatan mutu yang signifikan di MTs Qur’aniah, yaitu peningkatan jumlah peserta didik, pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan ketentuan kualifikasinya, pemenuhan sarana dan prasarana pokok penunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik, serta penambahan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya pencapaian visi dan misi madrasah dan meningkatkan kompetensi lulusan. Namun masih ada beberapa mutu yang perlu dimaksimalkan karena adanya hambatan dalam pengelolaan dan pembiayaan serta kurang maksimalnya kepala madrasah dalam menerapkan kompetensi kewirausahaannya. date: 2022-10-06 date_type: published pages: 190 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arti Aulia Almauna, NIM.: 18104090038 (2022) TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56455/1/18104090038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56455/2/18104090038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf