<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan yang dapat\r\nmenciptakan sumber daya manusia yang bermutu. Akan tetapi, mutu sumber daya\r\nmanusia Indonesia masih rendah sehingga perlu ditingkatkan melalui pembelajaran\r\nsekolah. Salah satu bentuk upayanya yaitu meningkatkan kemampuan matematika\r\nsiswa dimana salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah penguasaan kemampuan\r\npenalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model\r\npembelajaran generatif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung\r\n(ekspositori) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non\r\nequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas\r\nyaitu penerapan model pembelajaran generatif serta variabel terikat yaitu\r\nkemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas\r\nVIII MTs N 4 Bantul. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas\r\neksperimen dan siswa kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen\r\nmendapatkan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran generatif.\r\nInstrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan\r\npenalaran matematis. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP, LKS,\r\ndan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dalam\r\npenelitian ini menggunakan uji-T terhadap data skor posttest kemampuan penalaran\r\nmatematis. Analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistics\r\n25.\r\nHasil analisis data menunjukkan P-value sebesar 0,0005. Nilai ini lebih\r\nkecil dari 0,05 yang berarti rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi\r\ndaripada rata-rata posttest pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat ditarik\r\nkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran generatif lebih efektif\r\ndibandingkan dengan model pembelajaran langsung (ekspositori) terhadap\r\nkemampuan penalaran matematis siswa."^^ . "2022-12-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18106000051"^^ . "Munifah Zulfa"^^ . "NIM.: 18106000051 Munifah Zulfa"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Text)"^^ . . . . . "18106000051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS\r\nSISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #56482 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF \nTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS \nSISWA\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .