%A - Muhammad Ghafur Wibowo %A - Akhmad Yusuf Khoiruddin %J EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies %T Determinant of Tourist Satisfaction on Halal Tourism Examining the Religious Aspect as a Moderating Variable %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara motivasi wisata dan kepuasan wisatawan, dan untuk menguji bagaimana 'Agama' memoderasi hubungan tersebut. Studi kasus dalam Penelitian ini adalah Halal Tourism di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Variabel ‘Agama’ diwakili oleh tersedianya norma dan praktik Islam yang relevan dengan pariwisata di destinasi. Hasil Partial least square (PLS) menunjukkan bahwa motivasi wisata berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan wisatawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa atribut Islami berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Motivasi perjalanan yang terdiri dari motivasi tarikan dan motivasi dorongan juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan. %N 1 %K wisata halal, atribut Islami, motivasi tarikan, motivasi dorongan, kepuasan wisatawan %P 46-59 %V 6 %D 2022 %I IAIN BUkit Tinggi %L digilib56493