eprintid: 56522 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/65/22 datestamp: 2023-02-21 08:18:36 lastmod: 2023-02-21 08:24:51 status_changed: 2023-02-21 08:18:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Wildan Nur Haifani, NIM.: 18204020008 title: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK DALAM BUKU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs. TERBITAN KEMENAG RI TAHUN 2020 ispublished: pub subjects: ling_terj subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: bahan ajar; psikolinguistik; kurikulum PAI note: Pembimbing: Dr. M. Jafar Shodiq, M. S. I., abstract: Penelitian ini bertujuan menganalisis buku bahan ajar bahasa Arab terbitan kemenag tahun 2020 pada tingkat MTs. kelas vii yang berkualitas, akurat dan tepat sesuai dengan perspektif kajian psikolinguistik. Melihat kriteria berdasarkan indikator, kurikulum, pembagian jenjang dan materi bahan ajar bahasa Arab yang tepat melalui kajian psikolinguistik pada tingkat mts kelas vii. Kemudian fokus penelitian ini pada buku bahan ajar bahasa Arab tingkat MTs. dimana tujuan pembelajaran adalah pada masa pemantapan dasar-dasar kemahiran berbahasa. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode menganalisa studi pustaka (library research) berdasarkan teori yang terkait dengan buku bahan ajar bahasa Arab pada kajian psikolinguistik yaitu, alat validasi yang banyak digunakan dalam memilih buku bahan ajar yang berkualitas, tepat sasaran dan jika tidak ada yang ditemukan sesuai dengan teori yang digunakan serta buku bahan ajar bahasa Arab akan dianggap layak digunakan berdasarkan kualitas dan tingkatan pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisa buku bahan ajar bahasa Arab terbitan kemenag tahun 2020 pada tingkat MTs kelas vii menurut kajian psikolinguistik ini adalah layak digunakan, walaupun ada sedikit kekurangan tetapi itu tidak mengurangi kualitas pada buku bahan ajar bahasa Arab. Kelayakan ini dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri kriteria buku dalam penelitian yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Sejauh ini masih bisa dipahami indikator, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, peta konsep, latihan, strategi dan metode yang digunakan. date: 2022-08-31 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Wildan Nur Haifani, NIM.: 18204020008 (2022) TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK DALAM BUKU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs. TERBITAN KEMENAG RI TAHUN 2020. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56522/1/18204020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56522/2/18204020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf