%A NIM.: 18204020009 Ahmad Dzahabi %O Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag. %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS ADIWIYATA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA/SMK MUHAMMADIYAH TINGKAT X %X Pengembangan bahan ajar bahasa arab berbasis Adiwiyata tingkat X SMA/SMK Muhammadiyah akan menjadi pilot project dalam menjawab isu global terkait perubahan iklim dan untuk menciptakan pelajar yang berwawasan adiwiyata. Penulisan ini bertujuan untuk membuat bahan ajar berbasis Adiwiyata dan untuk mengetahui bagaimana respon ahli terhadap bahan ajar ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian R & D model 4D (Four D) oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari 4 langkah yaitu : Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Prosedur penelitian ini terbatas sampai tahap uji coba produk dan revisi Produk dari para validator. Produk bahan ajar ini divalidasi oleh Ahli bahan ajar, dan ahli materi, Guru Pengajar bahasa Arab. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon pengajar untuk melihat tanggapan pengajar terhadap produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa Produk bahan ajar Bahasa Arab berbasis Adiwiyata layak untuk direkomendasikan sebagai usulan bahan pada SMA/SMK kelas X. Hal ini terlihat nilai validasi menunjukkan nilai sangat baik, dengan nilai keseluruhan oleh validator dengan prosesntase ideal 85,2% dan prosentase ideal aspek keseluruhan 86,5 %. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini merekomendasikan kepada Majelis Dikdasmen Muhammadiyah untuk dapat mempertimbangkan dan mengimplementasikan produk ini di SMA/SMK Muhammadiyah tingkat X. %K bahan ajar; Bahasa Arab; Adiwiyata %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56523