@mastersthesis{digilib56527, month = {August}, title = {INCORPORATING CULTURE DALAM BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VII DIKDASMEN PP MUHAMMADIYAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204021015 Novi Kusumaningrum}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd}, keywords = {culture; incorporating culture; learning Arabic}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56527/}, abstract = {Bahasa dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Seperti dua mata koin yang saling melengkapi. Indonesia dan Arab memiliki dua budaya yang berbeda yang mempengaruhi bahasa masig-masing. Ketika belajar bahasa Arab, hendaknya disampaikan pula bagaimana budaya itu mempengaruhi bahasa. Penyampian budaya Arab oleh guru yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda memunculkan hal baru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi peran budaya terhadap pendidikan bahasa Arab di Tingkat sekolah menengah pertama terkusus kelas VII; 2) Mengetahui maksud dan tujuan dari incorporating culture atau perpaduan budaya dalam pendidikan bahasa Arab untuk siswa sekolah menengah pertama; 3) Menjelaskan incorporating culture dalam buku ajar bahasa Arab. Penelitian ini termasuk descriptive research atau penelitian deskriptif, dengan tujuan memberikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal maupun numerik tantang fenomena incorporating culture. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan 1) peran belajar bahasa berbasis budaya yaitu untuk membentuk karakter siswa serta meningkatkan mutu dan kualitas siswa; 2) incorporating culture merupakan perpaduan budaya yang dipelajari dalam mempelajari bahasa Arab dengan tujuan untuk mempermudah siswa belajar bahasa Arab. 3) incorporating culture dalam buku ajar bahasa Arab terdapat dalam semua materi terkusus materi tentang kata ganti, jamak, dan jenis kalimat.} }