eprintid: 56528 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/65/28 datestamp: 2023-02-22 02:31:18 lastmod: 2023-02-22 02:31:18 status_changed: 2023-02-22 02:31:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Yusuf Naufal, NIM.: 18204021020 title: PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB ONLINE BERBASIS WEB WAKELET DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Modul Bahasa Arab; pembelajaran online; Web; Wakelet note: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahu konsep pengembangan modul bahasa Arab online berbasis web Wakelet. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul bahasa Arab online terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan Tes. Untuk mengetahu tingkat keberhasilan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis web Wakelet ini, penulis melakukan pre test dan post tes. Obyek penelitian ini adalah kelas X SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar dengan sampel kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan X Tata Boga. Hasil dari Penelitian ini adalah: 1) Konsep modul Bahasa Arab yang penulis rancang adalah modul Bahasa Arab berbentuk online dengan menggunakan aplikasi atau web Wakelet. Hal ini disebabkan karena pada SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar saat pandemi belum ada sarana media pembelajaran online untuk menunjang pembelajaran jarak jauh antara guru dengan siswa. Penyusunan ataupun perancangan ini disesuaikan dengan karakteristik modul yaitu bisa dilakukan mandiri oleh siswa, adaptif karena harus melakukan pembelajaran jarak jauh. 2) Modul Bahasa Arab online menggunakan web Wakelet mempengaruhi prestasi belajar kelas eksperimen disbanding dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol yang mana presentase ketuntasan di atas KKM untuk kelas eksperimen sebesar 87,5 % dan kelas kontrol dengan 56,25 %. date: 2022-08-31 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Yusuf Naufal, NIM.: 18204021020 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB ONLINE BERBASIS WEB WAKELET DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56528/1/18204021020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56528/2/18204021020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf