eprintid: 56530 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/65/30 datestamp: 2023-02-22 02:52:30 lastmod: 2023-02-22 02:52:30 status_changed: 2023-02-22 02:52:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Nasrulloh, NIM.: 18204091016. title: PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN ispublished: pub subjects: kar_ subjects: kepala subjects: manj_pend divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: manajemen; budaya Islami; pendidikan karakter note: Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepala madrasah dalam manajemen budaya Islami yang hal tersebut merupakan salah satu solusi yang dapat meminimalisir pengaruh budaya luar akibat dari globalisasi. Budaya Islami merupakan nilai yang menjadi dasar perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh anggota madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan. Informan dalam Penelitian ini Bapak Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, Karyawan beserta Murid di Madrasah Aliyah Selo kabupaten Grobongan Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode selanjutnya dianalisis dengan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. pertama, Peran kepala madrasah dalam melakukan manajemen budaya Islami berbasis pendidikan karakter sangatlah penting. Setidaknya ada tiga pokok tugas dan fungsi kepala madarasah yaitu sebagai pemimpin, manager dan juga supervisor. kedua, Manajemen budaya Islami berbasis pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan meliputi penanaman nilai, pembentukan artefak dan pengawasan. Selain itu, kepala sekolah juga menggunakan strategi manajemen berupa perencanaan (planning), pengelompokan (organizing), pelaksanaan (actuacting), dan pengawasan (controling). Upaya penanaman budaya islami berbasis pendidikan karakter tersebut dilakukan melalui penugasan, pembiasaan, pelatihan pengajaran pengarahan dan keteladanan. ketiga, Hasil manajemen budaya Islami Berbasis pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Sunniyah Selo Kabupaten Grobogan adalah menjaga kebersihan, pembacaan albarzanji, berdoa sebelum belajar, bersalaman pada guru, sholat dhuha berjamaah, sholat lima waktu, mengucapkan salam ketika bertemu orang lain dan tahfizul qur’an. keempat, Faktor pendukung penanaman budaya islami berbasis pendidikan karakter berupa dukungan keluarga, dukungan masyarakat dan guru yang profesional. Sedangkan faktor penghambat berupa pengaruh alat komunikasi dan kesalahan dalam memilih pergaulan. date: 2022-12-01 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ahmad Nasrulloh, NIM.: 18204091016. (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH SUNNIYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56530/1/18204091016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56530/2/18204091016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf