eprintid: 56557 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/65/57 datestamp: 2023-02-24 01:42:29 lastmod: 2023-02-24 01:42:29 status_changed: 2023-02-24 01:42:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zakiyatun., NIM.: 20204012026 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-FITHROH PLERET BANTUL ispublished: pub subjects: P subjects: _pendidikan_multikultural subjects: pon_pes divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Islamic boarding school; implementation; multicultural education note: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keberagaman para santri yang sering menimbulkan konflik. Salah satu konflik yang pernah terjadi adalah fanatisme daerah atau banyak santri yang sulit menerima dan menghargai orang beda daerah. Hal tersebut menyebabkan rendahnya rasa toleransi dan persatuan santri. Beberapa konflik tersebut menjadi pertimbangan penting bagi pengelola untuk mendesain model pendidikan yang berparadigma multikultural. Riset ini diarahkan untuk melihat bagaimana pendidikan multikultural dilihat dari paradigma pendidikan multikultural, implementasi pendidikan multikultural, dan dampak pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Putri Al-Fithroh. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan psikologi. Pendekatan psikologi digunakan karena mengungkap gejala maupun proses dan kondisi jiwa santri. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Putri Al-Fithroh. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik . Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama menurut pengelola pesantren paradigma pendidikan multikultural diartikan sebagai pendidikan yang memperhatikan kondisi santri yang beragam yaitu dengan mengajarkan pada santri untuk bisa menerima, memahami, menghargai seseorang yang datang dari berbagai daerah dengan banyak keragaman dengan tujuan agar dapat hidup berdampingan secara akur. Kedua Implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Putri Al-Fithroh dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama, kebijakan yaitu pemberian kebijakan pengurus, kebijakan santri, dan kebijakan departemen. Tahap kedua yaitu pembentukan program yaitu dengan adanya program multikultural Departemen Madrasah Diniyah dan program multikultural Departemen Pendidikan dan LPTQ. Tahap ketiga, SDM yaitu profil kemampuan pengurus sebagai personel dalam pendidikan multikultural. Tahap keempat, praktik yaitu dinamika pelaksanaan pendidikan multikultural berlangsung pada tiga komplek yaitu komplek tahasus, non tahasus dan sapolor. Ketiga, dampak pendidikan multikultural antara lain, santri mengenal dan memahami keragaman, santri mempunyai sikap toleransi, santri berlatih menyampaikan pendapat dalam bermusyawarah, melatih santri untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas, dan santri memiliki empati tinggi dengan orang lain. date: 2022-11-29 date_type: published pages: 181 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Zakiyatun., NIM.: 20204012026 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-FITHROH PLERET BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56557/1/20204012026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56557/2/20204012026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf