@mastersthesis{digilib56582, month = {November}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA ANAK USIA DINI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20204032020 Asyiful Munar}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd, Si.}, keywords = {STEAM-Based Learning; HOTS approach; early childhood; prasekolah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56582/}, abstract = {Untuk menciptakan daya saing secara global menutut anak untuk kreatif, inovasi dan mampu berfikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis STEAM terhadap kemampuan higher order tinking skill Pada Anak usia dini, Mengetahui besar efektivitas pembelajaran berbasis STEAM terhadap higher order tinking skill Pada Anak usia dini, serta untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEAM terhadap higher order thinking skill (HOTS) pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis berupa pre-eksperimen desains one-group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini ialah anak TKN Pembina Sawang pada klasifikasi umur 5-6 tahun. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, unjuk kerja (pre-test dan post-test), serta dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji effect size Hasil penelitian menujukan bahwa pembelajaran berbasis STEAM sangat efektif terhadap higher order thinking skill pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Sawang. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa 0,00. Karena 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya,} }