eprintid: 56582 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/65/82 datestamp: 2023-02-24 06:41:03 lastmod: 2023-02-24 08:40:54 status_changed: 2023-02-24 06:41:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Asyiful Munar, NIM.: 20204032020 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA ANAK USIA DINI ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: s_piaud divisions: piaud full_text_status: restricted keywords: STEAM-Based Learning; HOTS approach; early childhood; prasekolah note: Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd, Si. abstract: Untuk menciptakan daya saing secara global menutut anak untuk kreatif, inovasi dan mampu berfikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis STEAM terhadap kemampuan higher order tinking skill Pada Anak usia dini, Mengetahui besar efektivitas pembelajaran berbasis STEAM terhadap higher order tinking skill Pada Anak usia dini, serta untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEAM terhadap higher order thinking skill (HOTS) pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis berupa pre-eksperimen desains one-group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini ialah anak TKN Pembina Sawang pada klasifikasi umur 5-6 tahun. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, unjuk kerja (pre-test dan post-test), serta dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji effect size Hasil penelitian menujukan bahwa pembelajaran berbasis STEAM sangat efektif terhadap higher order thinking skill pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Sawang. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa 0,00. Karena 0,00 < 0,05, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya, date: 2022-11-08 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Asyiful Munar, NIM.: 20204032020 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56582/1/20204032020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56582/2/20204032020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf