%A NIM.: 20204081026 Yuniarti %O Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag. %T PENGARUH KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS II MI BAIQUNIYYAH %X Membaca merupakan salah satu literasi yang sangat penting dalam kehidupan. Kebanyakan siswa memiliki minat baca sangat rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya referensi bacaan yang peneliti amati secara langsung. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan minat baca siswa yang menggunakan metode pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetik (VAK). Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan minat baca, pengaruh kegiatan literasi dan seberapa besar pengaruh VAK terhadap minat baca siswa kelas II MI Baiquniyyah. Jenis Penelitian ini adalah Ekperimen Semu (Quasi Eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MI Baiquniyyah yang berjumlah 62 orang yairu kelas II A yang berjumlah 30 sebagai kelas kontrol dan kelas II B yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji analisis akhir) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan pelaksanaan gerakan literasi di MI Baiquniyyah masih pada tahap pembiasaan melalui kegiatan membaca nyaring selama kurang lebih 15 menit sebelum pembelajaran dimualai. Ada pengaruh yang signifikan anatara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas II MI Baiquniyyah yang ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel (6,315 > 1,980). Adanya pengaruh yang signifikan antara model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetik) yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel ( 3,925 > 2,0395). %K literacy movement implementation; reading interest; VAK %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56598