%A MASRUKAN - NIM. 06410075 %O Pembimbing: DR.Hj. Marhumah, M.Pd. %T PENERAPAN METODE SOROGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG %X Teknik Sorogan merupakan salah satu metode pembelajaran yang terdapat dalam lingkungan pesanntren. Fenomena menarik, ketika sebuah madrasah Tsanawiyah dengan pembelajaran formal menggunakan metode sorogan ini dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Berdasarkan paparan di atas, peneliti bertujuan mengetahui (1) Bagaimanakah bentuk kurikulum yang berjalan di MTs YAJRI? (2) Bagaimanakah penerapan metode sorogan di MTs YAJRI ? (3) Apakah faktor pendukung dan kendala penerapan metode sorogan di MTs YAJRI? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yakni mengetahui dan memperkenalkan gambaran umum tentang pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran formal di MTs YAJRI, mengklasifikasikan data, menganalisis serta menafsirkannya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan studi dokumentasi, observasi langsung dan wawancara. Diantara hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah sebagai berikut: Penerapan metode sorogan di MTs YAJRI merupakan hasil perpaduan antara sistem pendidikan pesantren dan madrasah yang menggunakan kurikulum formal. Metode sorogan yang dilaksanakan tidak bersifat kaku sebagaimana yang terjadi di lingkungan pesantren tradisional, melainkan ada beberapa inovasi dan pengembangan untuk mensukseskan proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa inovasi itu di antaranya; moving class, team teaching, akselerasi pembelajaran, penilaian portofolio dan komputerisasi hasil pembelajaran dalam Program Aplikasi Madrasah (PAM). Inovasi tersebut merupakan respon madrasah dalam menghadapi tantangan global dan jawaban atas rasa tanggung jawab terhadap amanat masyarakat untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran. Metode sorogan yang diterapkan dengan berbagai inovasinya tersebut dimaksudkan untuk membentuk kultur lembaga pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Dengan demikian akan terwujud masyarakat pembelajar (learning society) yang diidamkan. Hasil penelitian yang sederhana diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran penggunaan metode sorogan peningkatan pembelajaran di lingkungan madrasah. %K Metode Sorogan , Pengembangan kurikulum %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5661