TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd. ID - digilib56627 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56627/ A1 - Amalia Desti Puspitasari, NIM.: 16220061 Y1 - 2023/01/17/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan khususnya bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Akan tetapi dalam proses pembelajaran anak tunagrahita memiliki banyak kendala atau masalah khususnya pada pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan keagamaan Islam terhadap anak tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada, kendala apa saja yang dialami anak, dan bagaimana upaya untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penngumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan langsung (participant observation), wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah wali kelas siswa yang terkait, siswa tunagrahita, dan kepala sekolah SLB Islam Qothrunnada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima metode bimbingan keagamaan pada anak tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada. Metode tersebut adalah metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, metode hukuman dan hadiah dan metode pujian. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Bimbingan Agama KW - Anak Tunagrahita KW - Disabilitas M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 97 ER -