%0 Journal Article %A MOHAMMAD AR, %D 2008 %F digilib:567 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %J /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah Vol. 39 No. 1 January - June 2001/ %K Kurikulum, Islam, Tradisional, Modern, Dayah %T THE CURRICULUM OF ISLAMIC STUDIES IN TRADITIONAL AND MODERN DAYAHS IN ACEH : A COMPARATIVE STUDY %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/567/ %X bPaper ini membandingkan kurikulum keilmuan Islam yang diterapkan pada sekolah-sekolah agama Islam di Aceh, terkenal dengan sebutan dayah, yang masih tradisional dan modern. Hal ini diaggap penting, karena Aceh adalah institusi pendidikan yang paling tua dan dominan di Aceh, sehingga perubahan dan perkembangan kurikulum keilmuan Islam di Aceh dinilai akan berpengaruh terhadap perkembangan keilmuan keislaman di Indonesia secara umum. Dalam melakukan studi ini, penulis melakukan observasi secara langsung pada Dayah-dayah tradisional dan modern, selain juga mempelajari dokumen-dokumen dan buku-buku yang memuat informasi mengenai masalah yang dibahas. Sesuai dengan perkembangan zaman, di Aceh telah muncul Dayah-dayah baru yang menerapkan kurikulum yang berbeda dengan yang selama ini diterapkan dalam Dayah yang masih dikelola secara tradisional. Ilmu-ilmu yang secara tidak langsung berkaitan dengan teks-teks ajaran Islam, seperti matematika, IPA, PS, bahasa asing (selain bahasa Arab) mulai diajarkan di Dayah modern. Selain perbedaan kurikulum, perbedaan lain juga ditemukan pada sisi manajemen dan pengelolaan Dayah secara umum.