TY - THES N1 - Pembimbing: Eko Suhendro, M. Pd. ID - digilib56728 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56728/ A1 - Muhammad Yusuf, NIM.: 16480013 Y1 - 2023/01/24/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran yang sekarang ini serba digital. Tentunya sekolah dituntut untuk mampu bersaing dan dapat mengembangkan pembelajaran yang memanfaatkan media berbasis tekonologi dalam upaya guru sebagai alat bantu menyampaikan materi pembelajaran. yang efektif dan juga efisien, serta dapat menarik minat belajar siswa. Sejalan dengan hal tersebut tantangan di era digital saat ini adalah kemampuan berbahasa Inggris yang terbilang salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam keseharian dan penggunaan teknologi masa kini. SD Muhammadiyah Kadisoka adalah salah satu sekolah yang menerapkan media pembelajaran yang disebut dengan Program Edutab-Mu, yang tentunya program ini merupakan program yang masih baru dan menarik untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui pelaksanaan program Edutab-Mu di kelas I SD Muhammadiyah Kadisoka. 2) Mengetahui peranan program Edutab-Mu terhadap minat belajar bahasa Inggris siswa di kelas I SD Muhammadiyah Kadisoka. . . . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian filed research. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi mengenai kegiatan pembelajaran di kelas, kemudian hasil wawancara kepada subjek penelitian atau informan yang terkait pada penelitian ini yaitu antara lain kepala sekolah, guru kelas dan siswa dan dokumentasi materi yang ada pada program Edutab-Mu. . .. . . . Hasil dari penelitian ini yaitu 1. penerapan program Edutab-Mu di kelas I meliputi latar belakang munculnya program Edutab-Mu, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti yang menggunakan tablet sebagai medianya dan penggunaan aplikasi Enuma, dan kegiatan penutup. Kemudian 2 Peranan program Edutab-Mu terhadap minat belajar bahasa Inggris siswa kelas I SD Muhammadiyah Kadisoka yang dihubungkan dengan teori serta indikator minat menurut Hurlock bahwasanya terdapat empat indikator yang menunjukkan siswa di indikasikan berminat dalam belajar. Yang pertama siswa merasa senang/lebih menyukai ketika pembelajaran bahasa Inggris menggunakan Edutab-Mu. .Kedua siswa terlibat/berpartisipasi aktif baik bertanya maupun mengaplikasikannya secara mandiri dalam pembelajaran Edutab-Mu. Ketiga siswa Nampak memusatkan perhatian yang lebih ketika pembelajaran Edutab-Mu berlangsung, meskipun dalam praktiknya ada beberapa siswa yang ramai keluar bangku untuk sekedar membantu teman sejawatnya dalam mengerjakan tugas, namun sekalipun seperti itu siswa tetap menaruh perhatiannya untuk pembelajaran Edutab-Mu. Yang keempat adalah ketertarikan siswa untuk selalu mengikuti pembelajaran bahasa Inggris menggunakan Edutab-Mu. . PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Program Edutab-Mu KW - Minat Belajar Siswa KW - Pembelajaran Bahasa Inggris M1 - skripsi TI - PENERAPAN PROGRAM EDUTAB-MU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KADISOKA AV - restricted EP - 145 ER -