eprintid: 56731 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/67/31 datestamp: 2023-03-01 02:11:58 lastmod: 2023-03-01 02:11:58 status_changed: 2023-03-01 02:11:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ardi Rahmat Parmadi, NIM.: 16600052 title: PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 YOGYAKARTAPENGARUH GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Gaya Kognitif, Self Efficacy, Hasil Belajar Matematika note: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana pengaruh positif gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) bagaimana pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) bagaimana pengaruh positif gaya kognitif dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Yogyakarta pada kelas VIII D, VIII E, VIII F tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes gaya kognitif dan skala self efficacy. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa ; 3) terdapat pengaruh positif gaya kognitif dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. date: 2023-01-09 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ardi Rahmat Parmadi, NIM.: 16600052 (2023) PENGARUH GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 YOGYAKARTAPENGARUH GAYA KOGNITIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56731/1/16600052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56731/2/16600052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf