eprintid: 56738 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/67/38 datestamp: 2023-03-01 02:41:57 lastmod: 2023-03-01 02:41:57 status_changed: 2023-03-01 02:41:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Novia Nur Rohmah, NIM.: 17104090033 title: PENGARUH WORDS OF MOUTH DAN CITRA PRODI TERHADAP PEMILIHAN PRODI: SURVEY MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2018-2021 ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Words Of Mouth (WOM) , Citra Prodi, Pemilihan Prodi note: Pembimbing: Rinduan Zain, MA. abstract: Pemilihan Prodi mempunyai peran yang penting dalam keberlangsungan suatu perguruan tinggi. Karenanya perguruan tinggi perlu memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan prodi. Inilah signifikansi penelitian skripsi ini, dengan menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk menganalisa pengaruh Words of Mouth (WOM) (X1) dan citra prodi (X2) terhadap pemilihan prodi Manajemen Pendidikan Islam (Y). Penelitian ini menggunakan teori Solomon yang menyatakan bahwa Words of Mouth (WOM) positif adalah cara memperoleh keberhasilan melalui efek dari citra perusahaan. Albart dan Dion menyatakan pembelian dan Words of Mouth (WOM) positif saling berhubungan karena pelanggan akan melalukan komunikasi mulut ke mulut dan merekomendasikan kepada orang lain setelah memperoleh nilai sehingga memutuskan untuk melakukan pembelian. Populasi penelitian ini sebanyak 321 mahasiswa dari empat angkatan, yaitu 2018, 2019, 2020 dan 2021 menggunakan formula slovin didapatkan sampel sebanyak 178 mahasiswa. Analisis data dengan melakukan uji korelasi (bivariat dan parsial) dan uji regresi (linier berganda) menggunakan SPSS 25. Koefisien korelasi variabel Words of Mouth (WOM) dengan pemilihan prodi sebesar 0,628. Sedangkan uji korelasi parsial hubungan Words of Mouth (WOM) dan pemilihan prodi dengan variabel kontrol citra prodi hasilya nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,174. Perbandingan koefisien korelasi bivariat dan koefisien korelasi parsial ryz > ryxz = 0,628 > 0,174. Artinya, variabel Words of Mouth (WOM) (X1) tidak berkorelasi secara langsung terhadap variabel pemilihan prodi (Y) karena dimediasi dari variabel citra prodi (X2). Citra prodi menjadi mediator untuk meningkatkan pengaruh Words of Mouth (WOM) terhadap pemilihan prodi. Analisis regresi menunjukkan citra prodi dalam meningkatkan pemilihan prodi lebih besar dibandingkan Words of Mouth (WOM) dengan persamaan regresi linier berganda Y= 8,690 + 0,219 X1 + 0,702 X2. Artinya, sekalipun informasi tentang prodi MPI dari mulut ke mulut sudah berkembang di masyarakat, pada akhirnya citra prodi yang menentukan pemilihan prodi MPI. Analisis ANOVA menunjukkan bahwa pemilihan prodi mampu diterangkan oleh Words Of Mouth (WOM) dan citra prodi sebesar 61,8%. Sisanya 38,2% diterangkan oleh variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. date: 2022-12-22 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Novia Nur Rohmah, NIM.: 17104090033 (2022) PENGARUH WORDS OF MOUTH DAN CITRA PRODI TERHADAP PEMILIHAN PRODI: SURVEY MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2018-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56738/1/17104090033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56738/2/17104090033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf