%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUL KHOLIDAH - NIM. 06470032 , %B Fakultas Tarbiyah %D 2011 %F digilib:5674 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kecerdasan Emosi , Pendidikan Islam %T MENDIDIK KECERDASAN EMOSI ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ( Telaah Buku : Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Karya: Lawrence E. Shapiro, Ph.D. ) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5674/ %X Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam dunia pendidikan sekarang ini, ternyata kurang mampu menghasilkan lulusan yang dapat dilaharapkan oleh masyarakat, karna dunia pendidikan sekarang ini hanya menitik beratkan pada pengembangan akal (IQ), wawasan dan psikomotorik semata. Sedangkan wawasan dan perasaan (sense) atau yang sekarang ini sering disebut dengan kecerdasan emosi tidak mendapat perhatian yang cukup. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan cara mendidik kecerdasan emosi anak dalam buku: Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Karya: Lawrence E. Shapiro,Ph.D.(2) menjelaskan relevansi mendidik kecerdasan emosi anak menurut Lawrence E. Shapiro, Ph.D dalam perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ( Library Research ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kepustakaan ini merupakan penelitian yang mengumpulkan data dan informasi bantuan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Penelitian ini bersifat dekriptif-analitik dimaksudkan untuk menghimpun dan menganalisis data yang berkenaan dengan kasus yang diteliti oleh peneliti. Penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu. Hasil penelitian ini adalah (1). dalam buku: Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak, Dr. Lawrence E. Shapiro memberikan saran-saran dan cara praktis dan mudah kepada orang tua dan pendidik untuk mengajarkan pada anak bagaimana: membina persahabatan, bekerja dalam kelompok, berpikir realistis, menghadapi dan mengatasi kegagalan, mengendalikan emosi, pentingnya tatak krama, dll. Ini dengan sejumlah kegiatan dan permainan yang menyenangkan dan menantang bagi anak-anak untuk meningkatkan keterampilan kecerdasan emosional dan sosial mereka.(2). keterampilan kecerdasan emosi yang ditawarkan oleh Lawrence E. Shapiro Ph.D memiliki korelasi dalam Islam yang meliputi:pendidikan moral, cerita atau kisah, ketekunan dan usaha, percaya diri, dan lain sebagainya. Jadi apabila keduanya diaplikasikan dengan baik maka kemungkinan besar akan mampu memberi pencerahan pada masa depan pendidikan yang diawali dengan perbaikan mental akan menjadi motor penggerak untuk berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. %Z Pembimbing: DR. Ahmad Arifi, M.Ag.