%A NIM.: 18104030072 Hilma Hanifah %O Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd. %T PENGENALAN KONSEP BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE ALA SEKOLAH (ASE) DI BIMBINGAN BELAJAR ANAK HEBAT (AHE) WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL %X Penelitian ini dilatar belakangi pada tiga dari tujuh murid usia 5-6 tahun di bimbingan belajar AHE Wonocatur masih mempunyai kemampuan berhitung yang belum berkembang. Dalam hal ini, anak masih sering terbalik-balik dalam menyebutkan dan mengurutkan angka 1-20, beberapa anak juga masih belum paham akan konsep penjumlahan dan pengurangan. Salah satu lembaga pendidikan in formal yang fokus pada masalah berhitung anak adalah bimbingan belajar AHE Wonocatur yang menyediakan pembelajaran berhitung melalui metode Ala Sekolah (ASE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengenalan konsep berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui metode ASE, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengenalan konsep berhitung permulaan melalui metode ASE, dan untuk mendeskripsikan solusi guru mengatasi faktor penghambat dalam pengenalan konsep berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui metode ASE di bimbingan belajar AHE Wonoocatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan melakukan penelitian di bimbingan belajar Anak Hebat (AHE) Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan: (1) Pengenalan konsep berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui metode ASE dilakukan melalui 6 langkah. 6 langkah berhitung ASE tersebut yaitu tangga angka, mencongak, drill, mengerjakan modul, operasi susun, dan permainan. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pengenalan konsep berhitung permulaan melalui metode ASE. Untuk faktor pendukung dalam pengenalan konsep berhitung permulaan melalui metode ASE yaitu guru yang berlisesi, buku modul, dan kartu angka. Untuk faktor penghambatnya yaitu, suasana hati murid yang kurang baik dan wali murid yang sering campur tangan saat pembelajaran. (3) Solusi guru mengatasi faktor penghambat dalam pengenalan konsep berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui metode ASE untuk murid yang sedang memiliki mood kurang baik saat belajar guru akan mengajak anak untuk bercerita terlebih dahulu sebelum belajar. Sedangkan untuk wali murid yang sering campur tangan saat pembelajaran guru akan menegur dan memberikan penjelasan serta pemahaman tentang kemampuan anak saat belajar. %K Pembelajaran Berhitung, Metode ASE, Bimbingan Belajar Anak %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56751