eprintid: 56872 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/68/72 datestamp: 2023-03-03 05:18:54 lastmod: 2023-03-03 05:18:54 status_changed: 2023-03-03 05:18:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Yuli Wahyana, NIM.: 19105050025 title: PERILAKU BULLYING (PERUNDUNGAN) DAN DAMPAK PSIKOLOGI GENERASI MILENIAL (Kajian Ma’anil Hadis) ispublished: pub subjects: 2x2.1 subjects: psikologi_remaja divisions: jur_ih full_text_status: restricted keywords: takhrij; bullying; hadits; Fazlur Rahman note: Pembimbing: Dr. H. Agung Danarta, M.Ag. abstract: Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan percintaan, solidaritas, dan persahabatan. Masa tersebut menghadirkan berbagai bentuk dinamika untuk menjelajahi sesuatu yang baru dan menantang. Karakter remaja yang cenderung labil dan sensitif mendorong mereka untuk melakukan sesuatu sesuai kehendaknya tanpa memikirkan dampak dan resiko yang akan terjadi. Salah satunya adalah bullying yang semakin tinggi angka korban akibat perundungan ini. Bullying merupakan perilaku agresif berupa kekerasan fisik maupun non fisik yang dilakukan secara berulang-ulang dengan sengaja, dari pihak yang kuat ke pihak yang lemah yang menimbulkan penderitaan dan trauma mental. Fenomena ini sangat disayangkan karena banyak sekali memakan korban, khususnya dikalangan remaja/milenial yang berdampak pada gangguan psikologi korban. Dalam penelitian ini, penulis mengupas tentang perilaku bullying dengan menggunakan perspektif hadis Nabi. metode yang digunakan adalah metode maanil hadis Fazlur Rahman yang didalamnya memuat tiga aspek antara lain: pertama, memahami hadis melalui makna teks dan latar belakang situasionalnya untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam hadis. Kedua, sesuai petunjuk al-Qur’an untuk melihat keterkaitan hadis tersebut dengan penjelasan al-Qur’an. Ketiga, merumuskan prinsip ideal moral hadis untuk dibawa pada konteks saat ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Library Research atau penelitian pustaka sebagai metodenya. Semua data tersebut tertuju pada buku-buku, skripsi, karya ilmiah dan jurnal. Sedangkan data primer dalam penelitian ini penulis menggunakan kitab-kitab hadis al-Kutub al-Tis’ah. Penelitian ini berjenis kualitatif, oleh sebab itu teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggumpulkan data-data yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan tiga hal penting. Pertama, ketiga hadis bullying yang dijadikan hadis utama dinilai shahih lighairihi dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, ketiga hadis ini membahas terkait perilaku-perilaku yang mengarah kepada bullying seperti mencela, berkata kotor, menyakiti orang lain dan mengutuk. Pemahaman yang didapatkan adalah bagaimana seseorang dapat menjaga sikapnya untuk menjaga kehormatan dan martabat orang lain. Ketiga, adanya perintah bagi para milineal khususnya untuk selalu bersikap baik, saling menyayangi, menghormati dan menghargai orang lain seperti yang telah diperintahkan oleh Nabi saw. date: 2022-12-22 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yuli Wahyana, NIM.: 19105050025 (2022) PERILAKU BULLYING (PERUNDUNGAN) DAN DAMPAK PSIKOLOGI GENERASI MILENIAL (Kajian Ma’anil Hadis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56872/1/19105050025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56872/2/19105050025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf