<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU"^^ . "Pendidikan pada anak usia dini menjadi penting karena pada masa\r\nini merupakan masa keemasan (golden age) dimana semua kecerdasan\r\nsiswa sedang berkembang dengan baik terutama dalam pengembangan\r\nkecerdasan emosional namun memerlukan stimulus dan rangsangan untuk\r\nmengembangkannya. TK Al-Ma’Arif berhasil menjadikan kegiatan\r\nbermain angklung sebagai stimulus dalam upaya meningkatkan\r\nkecerdasan emosional siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk\r\nmenggetahui: (1) metode-metode dan pendekatan yang dilaksanakan\r\ndalam kegiatan bermain angklung, (2) faktor-faktor pendorong dan\r\nkendala dalam bermain angklung, (3) dan hasil dari pelaksanaan kegiatan\r\nbermain angklung sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional\r\nberdasarkan perspektif guru.\r\nMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nmetode deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian\r\nlapangan, dengan subjeknya teridiri dari tiga orang guru, satu tentor\r\nangklung, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini\r\nadalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian\r\nmenggunakan metode Trianggulasi dan data dianalisis menggunakan\r\nreduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data.\r\nHasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan\r\nemosional siswa dapat meningkat melalui upaya guru menggunakan\r\nkegiatan bermain angklung dengan menggunakan tiga penerapan metode\r\nyaitu, metode orkestra/ansamble, metode benangi (bendera nada pelangi),\r\ndan metode instruksi akor. Selain penerapan metode-metode tersebut,\r\nsiswa juga mendapatkan pendekatan-pendekatan khusus berupa penerapan\r\nhal-hal positif yang dilakukan secara continue dan berulang sehingga\r\nmenjadi kebiasaan positif dan meningkatkan kecerdasan emosional siswa.\r\n(2) faktor-faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan kegiatan\r\nbermain angklung ada dua yaitu: faktor internal yang cerasal dari dalam\r\ndiri individu dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri individu. (3)\r\nHasil dari kegiatan bermain angklung menurut perspektif guru\r\nmenunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa berkembang dan\r\nmeningkat setelah adanya kegiatan bermain angklung Dari adanya\r\nkegiatan bermain angklung kegiatan pembelajaran untuk siswa lebih\r\nterarah, lebih menyenangkan, dan membuat banyak perubahan pada siswa\r\nterutama dalam hal membina hubungan dan komunikasi dengan temantemannya,\r\nsedangkan untuk guru dengan adanya kegiatan bermain\r\nangklung menjadikan kegiatan bermain angklung sebagai media belajar\r\nyang asik dan sebagai media bimbingan dan konseling untuk siswa.\r\nBelum adanya guru BK/ Konselor di sekolah TK menjadikan tugas guru\r\nTK untuk berperan ganda sebagai guru sekaligus konselor siswa yang\r\nmembimbing dan mengarahkan siswa pada hal-hal yang lebih baik"^^ . "2023-01-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18200010169"^^ . "Nurasiah Hasanah"^^ . "NIM.: 18200010169 Nurasiah Hasanah"^^ . . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Text)"^^ . . . . . "18200010169_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Text)"^^ . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #56878 \n\nBERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU\n\n" . "text/html" . . . "Media Pembelajaran" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .