eprintid: 5689 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/56/89 datestamp: 2013-01-02 13:35:49 lastmod: 2024-03-25 02:12:39 status_changed: 2012-05-04 16:48:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANIS NUR'AINI, NIM.: 06720035 title: PEMAKNAAN BUSANA REMAJA MUSLIM DI TENGAH ARUS MODERNISASI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Pemaknaan Busana, Remaja Muslim note: Pembimbing: Dadi Nurhaedi, S.Ag., M.Si., abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan cara berbusana mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) yang saat ini terlihat fashionable dan mengikuti tren mode busana yang ada. Dari hal ini penulis ingin mengetahui bagaimana mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora memaknai busana yang mereka kenakan. Apakah busana yang mereka kenakan sekedar sebagai penutup aurat atau ada makna-makna lain yang ingin disampaikan mahasiswa lewat busana tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora selaku remaja muslim memaknai busana dan mengetahui bentuk pemaknaan busana mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bersifat deskriptif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer penulis dapat dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dan data sekunder penulis dapat dari arsip/dokumen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dan buku-buku yang dianggap representatif untuk dijadikan bahan analisis dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan datanya ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya mahasiswa yang berpenampilan fashionable yaitu yang mengikuti perkembangan mode, dan mahasiswa yang menekankan pada pentingnya penampilan memaknai busana lebih kepada tren, prestise/ status sosial dan juga identitas diri. Bagi mahasiswa, hal ini penting karena dengan begitu mereka merasa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. Bagi mahasiswa yang memaknai busana sebagai tren, agar mereka di katakan tidak ketinggalan jaman (tidak ketinggalan mode). Bagi mahasiswa yang memaknai busana sebagai prestise/status sosial, mereka merasa lebih percaya diri dan pingin dianggap lebih oleh teman-teman yang lain, karena menurut mereka orang lain melihat diri kita dari penampilan luar terutama dari apa yang kita pakai. Di samping itu ada beberapa bentuk pemaknaan busana mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilihat melalui beberapa hal diantaranya; tempat berbelanja busana, pertimbangan dalam membeli busana, masalah penampilan diri dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli busana. date: 2011-03-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Ishum thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-01 09:41:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--anisnurain-5469-1-anisnur-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/110/digilib-uinsuka--anisnurain-5469-1-anisnur-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6076 ; nama file lama : ANIS NUR\'AINI NIM. 06720009 - PEMAKNAAN BUSANA REMAJA MUSLIM DI TENGAH ARUS MODERNISASI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 683094 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ANIS NUR'AINI, NIM.: 06720035 (2011) PEMAKNAAN BUSANA REMAJA MUSLIM DI TENGAH ARUS MODERNISASI (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5689/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5689/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf