TY - THES N1 - Pembimbing: Erika Setyanti Kusuma Putri, S. Psi, M. Si, ID - digilib5694 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5694/ A1 - HIMATUL ULYA - NIM. 06710006 , Y1 - 2011/03/01/ N2 - Telah dianalisis pengaruh sosiodrama terhadap kecerdasan emosi anak usia prasekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosi mereka, termasuk efektivitas dari permainan tersebut. Para subjek adalah anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal Pringwulung (N=22). Subjek mengikuti enam sesi sosiodrama. Setelah enam sesi, kecerdasan emosi anak-anak tersebut diukur menggunakan tes kecerdasan emosi dengan indikator kecerdasan emosi dari konsep Goleman. Tes tersebut diberikan melalui pre-test dan post-test. Analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh sosiodrama terhadap kecerdasan emosi anak usia prasekolah adalah uji-t. Hasil-hasil menunjukkan nilai t sebesar 7,160 dengan nilai p=0,000 (p 0,01). Hasil tersebut menyatakan bahwa sosiodrama memberikan kontribusi yang berarti bagi kecerdasan emosi anak. Hal ini berarti sosiodrama efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak usia prasekolah. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kecerdasan emosi KW - sosiodrama KW - anak prasekolah M1 - skripsi TI - PENGARUH SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ABA PRINGWULUNG DEPOK SLEMAN AV - restricted ER -