%A HIMATUL ULYA - NIM. 06710006 %O Pembimbing: Erika Setyanti Kusuma Putri, S. Psi, M. Si, %T PENGARUH SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ABA PRINGWULUNG DEPOK SLEMAN %X Telah dianalisis pengaruh sosiodrama terhadap kecerdasan emosi anak usia prasekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosi mereka, termasuk efektivitas dari permainan tersebut. Para subjek adalah anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal Pringwulung (N=22). Subjek mengikuti enam sesi sosiodrama. Setelah enam sesi, kecerdasan emosi anak-anak tersebut diukur menggunakan tes kecerdasan emosi dengan indikator kecerdasan emosi dari konsep Goleman. Tes tersebut diberikan melalui pre-test dan post-test. Analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh sosiodrama terhadap kecerdasan emosi anak usia prasekolah adalah uji-t. Hasil-hasil menunjukkan nilai t sebesar 7,160 dengan nilai p=0,000 (p 0,01). Hasil tersebut menyatakan bahwa sosiodrama memberikan kontribusi yang berarti bagi kecerdasan emosi anak. Hal ini berarti sosiodrama efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak usia prasekolah. %K kecerdasan emosi, sosiodrama, anak prasekolah %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5694