%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurlatif Mustaghfirin, NIM.: 07220002 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2011 %F digilib:56964 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Wali Kelas, Bimbingan Konseling, Permasalahan Siswa %P 107 %T PERAN WALI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN TERHADAP PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56964/ %X Penelitian ini mengarah pada penelitian deskriptif, yakni suatu jenis penelitian yang ditujukan untuk mendiskripsikan suatu keadaan atau suatu fenomena apa adanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang tugas utama empat orang wali kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman terhadap programprogram bimbingan dan konseling. Latar belakang masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu fenomena yang terjadi di lapangan bahwa peran wali kelas hanya sebagai formalitas sebagai tenaga pendidik ketika di kelas. Permasalahan yang dihadapi siswa begitu kurang diperhatikan sehingga mereka menganggap bahwa setiap permasalahan adalah tugas guru BK. padahal orang yang mengerti terhadap permasalahn siswa setiap hari adalah wali kelas atau tenaga pendidik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan wali kelas VIII di dalam program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Subjek pada penelitian ini adalah guru BK, wali kelas dan siswa, kemudian yang menjadi objek penelitian ini yaitu pelaksanaan tugas empat orang wali kelas VIII dalam program bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Peran wali kelas dalam bimbingan konseling di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman yaitu melalui Layanan individu, layanan pembelajaran dan layanan informasi. %Z Pembimbing: Drs. Abror Sodiq, M.Si