TY - THES N1 - Pembimbing: Slamet, S.Ag., M.Si ID - digilib56972 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56972/ A1 - Sarono Wijio, NIM.: 07220003 Y1 - 2011/09/19/ N2 - Penelitian ini berfokus pada teknik bimbingan emosi pada siswa kelas IX di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Hal yang mendasari atas penelitian ini yang pertama: siswa kelas IX SMP PIRI 1 masih dalam masa transisi dari masa anak-anak memasuki masa remaja awal sehingga secara psikologis kondisi emosional siswa sangat labil. Yang kedua: melihat dari berbagai fenomena negatif yang terjadi pada remaja khususnya pelajar seperti tawuran, seksual bebas, dan lain sebagainya maka sebagai pendidik ikut serta berkewajiban membimbing siswa untuk tidak berlebihan dalam mengekspresikan perasaannya sehingga lahir bimbingan emosi di SMP PIRI 1 Yogyakarta. J.P Du Preez mengatakan,?emosi adalah suatu reaksi tubuh menghadapi situasi tertentu?.2 Penelitian ini memfokuskan teknik bimbingan emosi pada siswa kelas IX di SMP PIRI 1Yogyakarta, yang terkait dengan beberapa hal: 1). Siswa dapat memahami dan menerima dirinya sendiri, 2). Siswa dapat memahami dan mengerti keadaan emosi orang lain, 3). Siswa dapat memahami dan mengerti keadaan lingkungannya. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan kemudian dikelompokan menurut jenis, disusun, dijelaskan dan digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan menurut katagorinya untuk memperoleh kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian antara lain mengetahui teknik bimbingan emosi yang digunakan guru BK di SMP PIRI 1 yogyakarta yaitu: dengan teknik pengarahan, peneguran, pemanggilan keruang BK, pemanggilan orang tua serta skorsing. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Emosi KW - Bimbingan dan Konseling KW - Psikologi Siswa M1 - skripsi TI - BIMBINGAN EMOSI PADA SISWA DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA (STUDI TERHADAP 5 SISWA KELAS IX) AV - restricted EP - 117 ER -