%A NIM.: 07220019 Isti Korniawati %O Pembimbing: Dr. Casmini, S.Ag. M.Si. %T BIMBINGAN KECERDASAN SOSIAL PADA ANAK FULL DAY SCHOOL ( KAJIAN TERHADAP KONSEP DAN METODE PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK DI TK ISLAM KREATIF KELUARGA CERIA BERAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman pembimbing tentang kecerdasan sosial pada anak dan metode pembimbing dalam mengarahkan anak full day school untuk mengembangkan kecerdasan sosial di TKIK Keluarga Ceria. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah yaitu: bagaimana pemahaman pembimbing tentang kecerdasan sosial pada anak dan metode pembimbing dalam mengarahkan anak full day school untuk mengembangkan kecerdasan sosial di TKIK Keluarga Ceria Beran Tridadi Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sumber data penelitian yang meliputi: guru pembimbing di TKIK Keluarga Ceria yang berjumlah tiga orang, siswa, brosur dan kurikulum. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang telah diperoleh selama penelitian kemudian secara sistematis diinterpretasikan ke dalam laporan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman pembimbing tentang kecerdasan sosial pada anak adalah bahwa kecerdasan sosial merupakan kemampuan yang ditunjukkan anak saat berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan sosial. 2) Metode yang digunakan pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak full day school secara praktis adalah dengan bimbingan individu dan kelompok, sedangkan secara teoritis pendekatan yang digunakan pembimbing adalah pendekatan kognitif dan social learning oleh Bandura. %K Kecerdasan Sosial, Anak Full Day School, Metode Pembimbing %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56974