%A NIM.: 07220046 Oktapriyandi %O Pembimbing: Slamet, S.Ag, M.Si %T PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang diselenggarakan OSIS MAN Yogyakarta 1 yang berpengaruh terhadap perilaku asertif bagi para siswanya, dan apa peran OSIS MAN Yogyakarta 1 dalam membentuk perilaku asertif para siswanya. Subyek dari penelitian ini adalah: (a) pembina OSIS (b) Siswa yang terlibat langsung dalam kepengurusan OSIS MAN Yogyakarta 1, sebagai data pendukung nantinya siswa juga bisa dilibatkan dalam penelitian ini. Obyeknya ialah Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Perilaku Asertif Siswa, metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Dalam pengambilan datanya menggunakan tiga metode yaitu Observasi, Dokomentasi, dan Wawancara. Setelah didapat data dari semua itu maka akan dianalisis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil Penelitian Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Perilaku Asertif Siswa di MAN Yogyakarta 1 memiliki beberapa kegiatan unggulan yang dapat membentuk perilaku asertif siswa yakni: (a) Open Recruitment (b) Public Speaking (c) Pendidikan dan Pelatihan Dasar ( DIKLATSAR). Dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan tersebut ada beberapa pengaruh terhadap pembentukan perilaku asertif siswa di MAN Yogyakarta 1 serta peran OSIS tersebut bagi siswa di antaranya adalah: 1) Secara Fungsional (a) membentuk kepemimpinan (b) membentuk komunikasi yang baik (c) membentuk relasi (d) melatih kejujuran. (2) Secara Interaksional Simbolik (a) sebagai wadah (b) sebagai lembaga motivator %K Kegiatan OSIS. Perilaku Asertif Siswa, Kegiatan Siswa %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56977