<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah masih termarginalkannya penyandang\r\nketunaan dalam mengakses hak pendidikan mereka, terutama jenjang pendidikan\r\nperguruan Tinggi. Meskipun secara yuridis-formal, penyandang ketunaan berhak\r\nmendapatkan pendidikan pada setiap jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. Selain\r\nitu, wacana pendidikan inklusif di Indonesia baru sebatas perluasan kelembagaan\r\nsekolah inklusif dalam jenjang pendidikan tingkat dasar sampai tingkat menengah.\r\nBahkan payung hukum operasionalisasi perguruan tinggi di Indonesai, Peraturan\r\nPemerintah No. 60 tahun 1999 tentang Perguruan Tinggi, sama sekali belum\r\nnampak adanya usaha perluasan akses pendidikan tinggi bagi penyandang\r\nketunaan. Pun demikian, RUU Pendidikan Tinggi yang sedang dalam proses\r\nlegislasi juga sama sekali belum menyinggung perluasan akses pendidikan bagi\r\npenyandang ketunaan. Oleh sebab itu, etos kebijakan tingkat lokal atau\r\ninstitusional terhadap pengarusutamaan pendidikan inklusif menarik untuk dikaji.\r\nFokus penelitian ini berusaha melihat sensitifitas kebijakan pendidikan di\r\nperguruan tinggi terhadap wacana pengarusutamaan pendidikan inklusif. Obyek\r\nkajian penelitian ini ialah UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Negeri\r\nYogyakarta. Adapun instrumen yang digunakan untuk melihat taraf sensitifitas\r\ndari kedua universitas tersebut ialah indek inklusif yang dirancang oleh UNESCO.\r\nIndek inklusif itu meliputi; perundangan dan kebijakan, infrastruktur fisik,\r\ntransportasi, fasilitas, training, pengembangan kurikulum, aksi mendorong\r\ninklusif, kerjasama lintas sektoral, dan assessment.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptifanalitis.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).\r\nPendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kebijakan. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi.\r\nWawancara dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data\r\nprimer. Jenis wawancara yang digunakan ialah wawancara bebas terpimpin.\r\nDokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang relevan\r\ndengan kajian pokok penelitian. Sedangkan observasi digunakan sebagai metode\r\npengumpulan data sekunder, yakni digunakan untuk melihat berbagai kebijakan\r\npendidikan secara umum. Proses pengambilan sampel dalam penelitian ini\r\nmenggunakan teknik non-random sampling dengan jenis snowball sampling.\r\nAnalisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analitis dengan\r\ncara mendiskripsikan data dan memberikan analisa terhadap hasil olahan data.\r\nProses pengolahan data yang digunakan adalah tahapan analisis data yang\r\ndirekomendasikan Huberman dan Miles yaitu, reduksi data (data reduction),\r\nsajian data (data display), dan kesimpulan atau ferifikasi (conclusion\r\ndrawing/verifying). Sedangkan proses analisa data dilakukan dengan\r\nmenggunakan alat analisa berdasarkan kerangka teori yang telah disiapkan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, a). dalam kebijakan\r\nakademis yang meliputi penerimaan mahasiswa, pengembangan kurikulum, dan\r\nproses belajar mengajar perbedaan yang mencolok terdapat pada penerimaan\r\nmahasiswa di mana UIN Sunan Kalijaga menerapkan kebijakan yang lebih\r\ncondong kepada right-based education model bagi penyandang ketunaan untuk\r\nmengenyam pendidikan di perguruan tinggi, sedangkan Universitas Negeri\r\nYogyakarta masih menggunakan pendekatan medical model dalam kebijakan\r\npenerimaan mahasiswanya. b). dalam bidang kebijakan fasilitas pendidikan yang\r\nmeliputi insfrastruktur fisik, pusat sumber belajar, dan pusat layanan juga terdapat\r\nperbedaan yang signifikan dalam hal pelayanan pusat sumber belajar bagi\r\nmahasiswa penyandang ketunaan. Bahkan dalam hal pusat layanan, di Universitas\r\nNegeri Yogyakarta sama sekali belum ada tetapi di UIN Sunan Kalijaga sudah ada\r\ndengan nama Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD). Namun demikian, dalam\r\nbidang infrastruktur antara UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Negeri\r\nYogyakarta masih sama-sama berusaha memodifikasi bangunan fisik agar ramah\r\nterhadap akses penyandang ketunaan dan keduanya masih berada dalam tahap\r\nawal untuk memenuhi aksesibilitas penyandang ketunaan. c). dalam bidang\r\nkebijakan pendukung pengarusutamaan pendidikan inklusif UIN Sunan Kalijaga\r\nlebih kooperatif dari pada Universitas Negeri Yogyakarta. d). Perbedaan apresiasi\r\nterhadap pengarusutamaan pendidikan inklusif antara UIN Sunan Kalijaga dan\r\nUniversitas Negeri Yogyakarta lebih karena adanya latar belakang (background)\r\nkultur yang berbeda. UIN Sunan Kalijaga dengan latar belakang (background)\r\nkultur pemikiran keagamaan merespon wacana pendidikan inklusif sering kali\r\nmasih discampur aduk dengan wacana inklusif dalam kajian pemikiran\r\nkeagamaan. Universitas Negeri Yogyakarta dengan latar belakang (background)\r\nkultur lembaga keguruan dan ilmu pendidikan menatap pendidikan inklusif yang\r\nsecara origin merupakan perkembangan praktik pendidikan bagi penyandang\r\nketunaan dengan tatapan yang kurang apresitif karena mungkin prinsip\r\nkompetensi dan profesionalitas individu guru yang harus sangat ideal dalam hal\r\nfisik dan mental.\r\nKedua, problematika pengarusutamaan pendidikan inklusif di jenjang\r\nperguruan tinggi secara umum masih sangat terkendala dengan berbagai faktor di\r\nantaranya faktor kebijakan politik pendidikan di Indonesia yang masih sangat\r\ntidak berpihak dalam memenuhi hak penyandang ketunaan. Meskipun telah\r\nbanyak konsensus yuridis formal yang menyatakan bahwa penyandang ketunaan\r\nmendapat jaminan untuk mendapatkan pendidikan yang layak pada semua jenis,\r\njalur, dan jenjang pendidikan tetapi hal itu baru sampai tataran konsep saja,\r\npraktiknya riilnya sama sekali tidak sesuai. Selain itu, pendekatan yang masih\r\nbersifat top-down dalam menerapkan kebijakan pendidikan inklusif hanya\r\nmenimbulkan masalah baru bagi praktik pendidikan inklusif itu sendiri. Jaminan\r\ninfrastruktur yang aksesible bagi penyandang ketunaan seperti yang tercantum\r\ndalam UU No. 4 tahun1997 tentang Penyandang Cacat, UU No. 28 tahun 2002\r\ntenang Bangunan, dan PP No. 43 tahun 1998 tentang Peningkatan Kesejahteraan\r\nSosial bagi Penyandang Cacat juga belum terlaksana sesuai dengan konsepnya."^^ . "2011-09-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASAJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07223702"^^ . "Ahmad Fuad Hasyim Hafid Suyuthi"^^ . "NIM.: 07223702 Ahmad Fuad Hasyim Hafid Suyuthi"^^ . . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "07223702_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #56995 \n\nSENSITIFITAS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KOMPARASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Inklusif" . . . "Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam" . .