TY - THES N1 - Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd ID - digilib56998 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56998/ A1 - Yuyun Amiroh, NIM.: 04451062 Y1 - 2011/08/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi fungsi laboratorium dalam pembelajaran biologi serta hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dan siswa di Madrasah Aliyah berbasis pondok pesantren di Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dan siswa dapat mengoptimalkan fungsi laboratorium dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi Madrasah Aliyah di Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah MA An Nur, MA Ali Maksum, dan MA Ibnul Qoyyim. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini dinyatakan belum optimal dan masih banyak kendala-kendala yang perlu diperhatikan oleh semua pihak Madrasah tersebut. Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah alat dan bahan praktikum di laboratorium belum memadai, pengelolaan laboratorium kurang terorganisir, tidak ada jadwal tetap dalam penggunaan laboratorium. Hambatan bagi siswa adalah tidak imbangnya jumlah alat dan bahan praktikum dengan jumlah siswa sehingga siswa harus melakukan praktikum secara bergantian. Hambatan lain yang dialami oleh siswa adalah adanya jam pelajaran biologi yang tidak strategis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Biologi KW - Laboratorium Pembelajaran KW - Siswa M1 - skripsi TI - OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 AV - restricted EP - 134 ER -