<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam\r\ntentang Pendidikan dan Perubahan Sosial (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour\r\nFakih). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para\r\npendidik atau siapa saja yang menggeluti dunia pendidikan, baik dilingkungan pendidikan\r\nformal, non formal maupun informal, dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih\r\nproduktif, kondusif, dan progresif.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan\r\nkualitatif dan mengambil latar seorang tokoh Mansour Fakih. Metode yang ditempuh adalah\r\nmetode deskriptif dengan pola pembahasan deskriptif-analitik. Adapun pendekatan historis\r\nfaktual karena berkaitan dengan hasil pemikiran tokoh, hasil sumber data yang telah\r\ndiperoleh baik dari sumber data primer maupun sekunder. Kemudian dianalisis dengan\r\nmenggunakan metode analisis deskriptif dan analisis isi.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pendidikan merupakan proses pemberdayaan\r\nyakni mengembangkan kekuatan atau kemampuan (daya), potensi sumber daya rakyat agar\r\nmampu membela dirinya sendiri dari penindasan dan diskriminasi serta ketidakadilan.\r\nPendidikan pembebasan berintikan konsientasi atau penyadaran manusia untuk mencapai\r\nkesadaran kritis sebagai titik kulminasinya. Dengan lahirnya kesadaran kritis diharapkan\r\nmampu menjadi pembebas dari berbagai bentuk ketidakadilan, penindasan, diskriminasi,\r\nmaupun dehumanisasi. Pendidikan berbasis pembebasan inilah yang disebut Mansour sebagai\r\npendidikan kritis. Dalam konsep pendidikan humanis Mansour memberikan pandangan\r\ntentang manusia yakni khayawan natiq atau binatang yang berfikir , atau makhluk yang\r\nmempunyai budaya. Dengan mempunyai akal fikiran inilah manusia mepunyai kesadaran\r\nkritis dalam mengarungi kehidupan didunia ini. Mansour mengklasifikasi manusia itu\r\nmenjadi dua yakni, manusia normal dan manusia penyandang cacat. Dalam hal ini Mansour\r\nmempunyai pandangan tentang manusia penyandang cacat belum tentu tidak mampu dalam\r\nmelakukan sesuatu tetapi bisa saja mereka memiliki kemampuan berfikir, berkomunikasi,\r\nmenciptakan, dan lain sebagainya. (2) Relasi pendidikan dan perubahan sosial dalam\r\nperspektif Mansour yakni, pendidikan dimanapun berdirinya tidak terlepas dari arah\r\nperubahan sosial dan perkembangan ekonomi politik. Pendidikan menyiapkan individuindividu\r\ndan masyarakat agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Dalam\r\nhubungan pendidikan dan perubahan sosial menurut Mansour perlu adanya ideologi apa yang\r\ndibangun dalam sebuah sistem pendidikan itu, apakah itu pendidikan formal, non formal\r\nmaupun informal, sebagai contoh, seorang pendidik memberikan ilmu pengetahuan ada\r\nkalanya penuh berkeadilan dan demokrasi tapi adakalanya otoriter dan adanya pemaksaan\r\npada sebuah ideologi tertentu, sehingga tidak memberikan ruang untuk berkreasi bagi peserta\r\ndidik untuk lebih berpikir kritis dalam menyelesaikan persoalan serta memecahkan persoalan\r\nyang dihadapinya sendiri maupun persoalan yang terjadi ditengah masyarakat. Disini\r\nMansour menekan ideologi apa yang perlu diterapkan dalam proses pendidikan apakah\r\nideologi koservatif, liberal atau kritis"^^ . "2010-01-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 06470005"^^ . "Alpan"^^ . "NIM.: 06470005 Alpan"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Text)"^^ . . . "06470005 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Text)"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL\r\n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #57001 \n\nPENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL \n(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih)\n\n" . "text/html" . . . "Islam dan Pemikiran" . . . "Kependidikan Islam"@id . .