@phdthesis{digilib57027, month = {August}, title = {METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR?AN (TPA) AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 05420061 Anas Fahrudin}, year = {2022}, note = {Pembimbing: R. Umi Baroroh, M.Ag}, keywords = {santri; ustad; pembelajaran; anak usia dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57027/}, abstract = {Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran bahasa Arab di TPA Al Luqmaniyyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di TPA Al Luqmaniyyah yang mencakup tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi, serta kelebihan dan kekurangan dalam metode pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pengembangan pembelajaran bahasa Arab di TPA. Penelitian lapangan (Field Research) ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di TPA Al Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dengan sumber data pengelola dan para ustadz dan ustadzah TPA Al Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi persiapan yang dilakukan oleh ustadz untuk memberikan pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode yang kreatif dan inovatif. Adapun tujuan pembelajaran bahasa Arab di TPA Al Luqmaniyyah adalah bersifat pengenalan dan membentuk pengertian. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab ini meliputi 3 macam metode yaitu metode demonstrasi, metode bernyanyi, dan metode bercerita. Adapun kelebihan dan kekurangan 3 metode tersebut adalah sebagai berikut: 1) Metode Demonstrasi, kelebihannya adalah pelajaran menjadi lebih jelas dan perhatian santri lebih terpusatkan pada pelajaran yang diberikan. Dan kekurangannya adalah metode ini memerlukan ketrampilan ustadz secara khusus dan persiapan media yang memadai. 2) Metode Bernyanyi, kelebihannya adalah santri dapat mudah menghafal dan mengerti karena metode ini begitu menarik dan menyenangkan. Dan kekurangannya adalah dalam hal keaktifan santri metode ini kurang efektif, santri hanya belajar ketika ada rangsangan dari ustadz. 3) Metode Bercerita, kelebihannya adalah kisah yang diceritakan dapat membangkitkan semangat santri dan santri akan terpengaruh oleh tokoh dan topik kisah tersebut. Kekurangannya adalah metode ini bersifat monolog sehingga santri mudah jenuh bila kisah tidak menarik. Melihat begitu besarnya manfaat metode-metode yang digunakan di TPA Al Luqmaniyyah ini dalam pembelajaran bahasa Arab, maka hendaknya ustadz lebih kreatif untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga mengajar tidak hanya menggunakan satu metode saja dan pembelajaran bahasa Arab akan menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.} }