TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Satino M.Si ID - digilib57042 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57042/ A1 - Avifah Ufah, NIM.: 04451071 Y1 - 2011/08/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model reciprocal teaching terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi pada konsep Ekosistem di kelas X MAN Gandekan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas X3 MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2009/2010. Data-data yang dikumpulkan berupa data berpikir kritis yang dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada siswa dan guru untuk memperoleh data yang lebih rinci dan untuk melengkapi data hasil observasi. Analisis data untuk keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara umum dan statistik parametrik untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh positif dalam penerapan pembelajara kooperatif model reciprocal teaching terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mencapai tingkat keberhasilan sebesar 65.6% sedangkan kelas kontrol hanya mencapai angka 36.5%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Kooperatif KW - Reciprocal Teaching KW - Berpikir Kritis KW - Ekosistem. M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN GANDEKAN BANTUL AV - restricted EP - 103 ER -