eprintid: 57047 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/70/47 datestamp: 2023-03-13 02:46:50 lastmod: 2023-03-13 02:46:50 status_changed: 2023-03-13 02:46:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Asri Rosiati Atikah, NIM.: 05430020 title: EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran Matematika, Standar Nasional Pendidikan, Evaluasi Model CIPP note: Pembimbing: Sumaryanta, M. Pd dan Suparni, M. Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran matematika yang digunakan di SD Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al-Muthi’in dan menganalisis pelaksanaan standar isi dan standar proses pada mata pelajaran matematika di SDIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, serta siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar inventori, angket dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan evaluatif model CIPP. Hasil evaluasi penerapan strategi pembelajaran matematika adalah guru membutuhkan 25 % perbaikan penerapan strategi pembelajaran matematika. Penyiapan perangkat pembelajaran sebesar 100 % termasuk dalam kategori baik sekali. ketercapaian pengelolaan bahan ajar adalah 65% yang tergolong cukup. Strategi pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru adalah sebagai berikut; Metode ceramah yang diterapkan tersebut berjalan optimal. Metode diskusi yang diterapkan berjalan kurang optimal. Metode tugas dan resitasi yang diterapkan berjalan optimal. Metode tanya jawab yang diterapkan berjalan optimal. Metode Pembelajaran Kontekstual yang diterapkan berjalan kurang optimal. Prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika menunjukkan hasil yang memuaskan. Guru membutuhkan 60 % perbaikan penerapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Tingkat pendidikan guru sudah memenuhi standar peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Penerapan standar isi mata pelajaran matematika kelas IV sudah berjalan baik. SDIT Salsabila Al-Muthi’in tergolong kurang dalam mengarsipkan SNP. Pembuatan RPP, pengadministrasian RPP, silabus, program semester, dan program tahunan mata pelajaran matematika adalah produk dari penerapan SNP dan berjalan dengan baik. Selain siswa tuntas dalam pembelajaran matematika, SDIT Salsabila Al-Muthi’in berhasil menjadi juara 3 dalam lomba antar sekolah tingkat nasional lingkup Yayasan Salsabila date: 2011-11-07 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Asri Rosiati Atikah, NIM.: 05430020 (2011) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57047/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57047/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf