TY - THES N1 - Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.S dan Dr. Ibrahim, M. Pd ID - digilib57048 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57048/ A1 - Arifah, NIM.: 05430021 Y1 - 2011/11/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dengan 24 siswa MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada semester genap T. A 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada Pokok Bahasan Turunan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa, lembar angket, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri dari empat komponen yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT), tingkat keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan adanya perhatian siswa terhadap penjelasan guru dan teman, mencatat materi pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan, berani menjawab dan mengemukakan pendapat, berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, menuliskan hasil diskusinya, berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, serta berani memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. Secara kuantitatif peningkatan keaktifan siswa terlihat dari peningkatan rata-rata persentase skor angket keaktifan belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I yaitu sebesar 71,82% dengan kategori tinggi ke siklus II sebesar 74,92% dengan kategori tinggi. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3,10%. Hasil observasi keaktifan siswa juga menujukkan adanya peningkatan persentase dari siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi tinggi pada siklus II meningkat dengan kenaikan persentase keaktifan siswa menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hal ini berarti presentase keaktifan meningkat sebesar 22,5%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Matematika KW - Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together KW - Keaktifan Belajar Siswa M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI MA. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA AV - restricted EP - 156 ER -