%0 Thesis %9 Skripsi %A Diah Nur Setiyaningsih, NIM.: 05450007 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2011 %F digilib:57049 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Stad, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar Siswa %P 133 %T KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) DAN MODEL JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS X SEMESTER 2 SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/20 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57049/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan hasil belajar pada penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD, model pembelajaran kooperatif Jigsaw, dan model pembelajaran konvensional (sebagai kontrol); (2) efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dan model pembelajaran kooperatif Jigsaw Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitiannya adalah Control Group Posttest-Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Sampel penelitian 3 kelas yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen STAD, kelas XB sebagai kelas eksperimen Jigsaw dan kelas XC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan non random sampling, karena kelas X hanya ada 3 kelas maka sampel penelitian juga sekaligus populasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal post test, dan angket tanggapan siswa. Analisis data untuk hasil post test dan angket tanggapan siswa menggunakan analisis varians satu jalur. Sebelum dilakukan uji Anova terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen STAD 71,86, kelas eksperimen Jigsaw 70,20, dan kelas kontrol 61,33. Pada uji Anova diperoleh nilai Fhitung 7,952 > Ftabel pada signifikansi 5% dan nilai Sig 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD, kooperatif jigsaw, dan model pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen STAD lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dikelas X SMA Kolombo untuk materi ekosistem dilihat dari rata-rata hasil belajar yang mempunyai nilai tertinggi yaitu 71,86. Angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen STAD yaitu 71,76, kelas eksperimen Jigsaw yaitu 74,23, dan kelas kontrol yaitu 70,67. Uji Anova pada angket tanggapan siswa diperoleh Fhitung 1,148 < Ftabel dan Sig. > 0, 05 yang berarti bahwa rata-rata hasil angket tanggapan siswa untuk ketiga kelas sampel sama atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan %Z Pembimbing: Widodo, M.Pd