%0 Thesis %9 Skripsi %A Yuli Andriyani, NIM.: 06600021 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2011 %F digilib:57050 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Resource-Based Learning, Penugasan Terstruktur, Hasil Belajar Matematika, Segitiga %P 175 %T PENGARUH PENERAPAN STRATEGI RESOURCE-BASED LEARNING DENGAN PENUGASAN TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI SLEMAN KOTA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57050/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi Resource-Based Learning dengan penugasan terstruktur terhadap hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Resource- Based Learning dengan penugasan terstruktur dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design sebagai desain penelitian, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan strategi Resource-Based Learning dengan penugasan terstruktur lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VII MTs Negeri Sleman Kota pada pokok bahasan segitiga. %Z Pembimbing: Wakhid Mustofa, M.Si. dan Ibrahim, M.Pd.