@phdthesis{digilib57065, month = {October}, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) DAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA (Penelitian Quasi Eksperimen)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06600027 Ifa Fauziyah Farid}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si.}, keywords = {prestasi belajar; belajar; pembelajaran; Model ARCS (Attention, Relevance Confidence, and satisfaction);}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57065/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta yang berjumlah 169 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Dipilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan spss, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas (sig 2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,040, nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak, artinya rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.} }