eprintid: 57065 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/70/65 datestamp: 2023-03-13 04:40:33 lastmod: 2023-03-13 04:40:33 status_changed: 2023-03-13 04:40:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ifa Fauziyah Farid, NIM.: 06600027 title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) DAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA (Penelitian Quasi Eksperimen) ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: prestasi belajar; belajar; pembelajaran; Model ARCS (Attention, Relevance Confidence, and satisfaction); note: Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta yang berjumlah 169 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Dipilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan spss, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas (sig 2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,040, nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak, artinya rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. date: 2010-10-18 date_type: published pages: 257 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ifa Fauziyah Farid, NIM.: 06600027 (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) DAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA (Penelitian Quasi Eksperimen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57065/1/06600027%20-%20BAB%20I%20DAN%20BAB%20PENUTUP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57065/2/06600027%20-%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf