eprintid: 57092 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/70/92 datestamp: 2023-03-14 01:43:49 lastmod: 2023-03-14 01:43:49 status_changed: 2023-03-14 01:43:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Najibullah, NIM.: 06670006 title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran. Think-Talk-Write, Prestasi Siswa note: Pembimbing: Shidiq Premono, S.Pd.I abstract: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write terhadap prestasi belajar kimia peserta didik dan perbedaan prestasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Think-Talk-Write. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 MA At-Tanwir Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write. Dua sampel disini adalah dua kelas yang dibandingkan yaitu kelas eksperimen (XA) dan kelas kontrol (XB). Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Think-Talk-Write, sedangkan di kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Perbedaan prestasi belajar diukur menggunakan tes prestasi belajar kimia yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan uji-t diperoleh 1) nilai signifikansi (2-tailed) = 0,024 artinya lebih kecil dari batas yang di gunakan yaitu 5% (signifikansi < 0,05). Maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) yang ada pada taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan peningkatan sebesar 1,23 dan p (peluang galat) sebesar 0,024. 2) hasil belajar kognitif memiliki thitung : 2,30 > ttabel : 1,07 dengan db (derajat bebas) 69 pada taraf signifikansi 5%, dari hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Think-Talk-Write berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas XA MA At-Tanwir Bojonegoro tahun pelajaran 2010/2011. date: 2011-07-27 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Najibullah, NIM.: 06670006 (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57092/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57092/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf