TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si. ID - digilib57093 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57093/ A1 - Kun Arifah Budiyanto, NIM.: 03430355 Y1 - 2010/08/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang proses pembelajarannya dengan menggunakan metode learning together dengan alat peraga dan siswa yang proses pembelajarannya secara konvnsional dengan alat peraga. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 2 Windusari MAgelang tahun ajaran 2009/2010. Pada pemilihan secara undian didapat kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan soal sebelum dan sesudah tindakan. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji beda (t test) dengan uji prasyarat berupa uji normailtas, diperoleh hasil bahwa sampel berdistribusi normal, dan uji homogenitas, diperoleh hasil bahwa sampel bersifat homogen. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran konvensional; learing together; hasil belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Windusari Magelang) AV - restricted EP - 128 ER -